Wednesday, July 30, 2014

Persamaan dan Perbedaan



Persamaan dan Perbedaan
“Perbedaan itu adalah kepastian tapi membangun persamaan butuh perjuangan”
                Harus kita tau bahwa manusia memiliki sifat dan tabiat yang berbeda setiap individunya. Nah, apabila kita telusuri, ini adalah keajaiban yang luar biasa apabila peradaban manusia bisa berjalan dengan harmonis. Bagaimana cara mewujudkan keajaiban tersebut?
                Yang perlu kita pahami sekarang adalah manusia tak akan ada yang sama walaupun kembar identik sekalipun pasti memiliki perbedaan. Untuk itulah daripada kita sibuk mencari perbedaan (pasti akan ada perbedaan ) lebih baik kita mencari kesamaan. Perbedaan itu adalah kepastian tapi membangun kesamaan butuh perjuangan.
                Sekarang, kenyataan manusia berbeda terlalu sibuk mencari perbedaan. Yang kita ketahui bahwa umat islam saat ini begitu banyak tetapi bagaikan buih di lautan. Seperti hadits nabi SAW bahwa suatu saat umat manusia ini banyak tetapi bagaikan santapan bagi orang yang lapar. Itu dikarenakan satu kata yang hilang atas setiap individu yaitu “persatuan”
                Setiap manusia pasti memiliki karakter yang berbeda , dan pasti juga memiliki ide, pemikiran dan kemampuan yang berbeda. Untuk itulah islam mengajarkan ada yang namanya musyawarah. Karena setiap yang kita anggap baik belum tentu baik bagi orang lain.
                Setelah bersinggungan dengan banyak manusia kita mungkin akan mengetahui bahwa setiap manusia pasti akan bermanfaat bagi kita dan bagi agama kita. Daripada kita hanya menilai keburukan orang lebih baik kita menebar cinta dan memberikan teladan. Jangan sibuk mengurus kesalahan manusia lebih baik kita menilai kelebihan mereka.
               Manusia memiliki tingkatan sosialnya masing-masing ada yang sarjana, professor, doctor, lulusan SMA, lulusan SMP, lulusan SD bahkan ada yang tidak bersekolah. Perlu kita pahami tak mugkin  yang hanya lulusan SD mengerjakan apa yang bisa dikerjakan oleh professor. Karena itu kita tak mungkin memaksakan seseorang bisa menjadi yang seperti harapkan. Lebih baik kita membimbing manusia tetap dalam lingkungan kebaikan.
                Persatuan itu adalah nikmat yang tak terkira. Persatuan adalah hadiah dari Allah SWT. Yang kita tau ketika Khalid bin Walid dicopot dari jabatan panglima taka da niatan untuk memberontak dalam dirinya karena jiwa bersatu itu sangat ada dalam dirinya hingga berkata “Saya berperang bukan untuk Umar tetapi untuk Allah dan RasulNya”.
                Persatuan ini lah kelebihan umat terbaik generasi sahabat Rasulullah SAW . Walaupun jumlah sedikit tapi setiap individu benar-benar memili jiwa pemersatu hingga peperangan melawan jumlah yang lebih banyak pun selalu dimenangikan oleh Allah SWT

 Dan terakhir, salah satu syarat agar menjadi umat terbaik adalah setiap individu memiliki jiwa pemersatu. Apabila sudah memiliki jiwa pemersatu maka apapun konflik yang terjadi tetap terjadi keharmonisan. Karena hanya dengan bersatu kita bisa mewujudkan kemenangan yang sebenarnya. Dan bukan kemenangan yang besifat metafora dan semu. Tetapi kemenangan yang hakiki.
Surat An Nashr dan Terjemahannya


إِذَا جَاءَ نَصْرُ اللَّهِ وَالْفَتْحُ ١
وَرَأَيْتَ النَّاسَ يَدْخُلُونَ فِي دِينِ اللَّهِ أَفْوَاجًا ٢
فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَاسْتَغْفِرْهُ إِنَّهُ كَانَ تَوَّابًا ٣

Artinya:
1. apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,
2. dan kamu Lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,
3. Maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.
Janji Allah benar adanya!!
Miqdad Ramadhan @miqdadrmdhn | 06 Juli 2013

0 comments:

Post a Comment